Wednesday, 4 January 2017

10 Manfaat Memandang Langit

Tags



Well, kali ini kita akan membahas tentang langit.
Para seniman sering menggunakan kata langit sebagai sandangan sesuatu yang memiliki keindahan yang tak pernah pudar, kadang juga langit diibaratkan sebagai atap dan bumi sebagai alas maka tak jarang penulis menemukan frasa
                kita hidup sederhana, beratapkan langit dan beralaskan bumi
Frase itu adalah halklise yang sering kita temui pada karya-karya seniman pemula. Tapi dalam tulisan ini kita akan membahasa langit di lingkup yang berbeda.
Beberapa waktu yang lalu saya sempat membaca sebuah kitab klasik karya Ulama Al-Imam Al-Ghazali yang berjudul Al-hikmah fi Makhluqotillah. Dalam kitab itu. Penulis membahas tentang hikmah dari penciptaan segala sesuatu. Segala hal diciptakan karena memiliki manfaat bagi yang lainnya. Seburuk apapun ciptaan itu ia pasti memiliki manfaat bagi makhluk lainnya.
 Nah, agar tidak bertele-tele inilah 10 manfaat memandang langit yang penulis kutip dari kitab Al-Hikmah fi Makhluqotillah karya Al-Imam Al-Ghazali
1.       Mengurangi kesedihan
2.       Mengurangi was-was
3.       Menghilangkan halusinasi ketakutan
4.       Mengingatkan kepada Allah
5.       Menebarkan rasa takzim (pengagungan kepada Allah didalam hati)
6.       Menghilangkan pikiran-pikiran buruk
7.       Menghibur orang yang merindu
8.       Menyenangkan para pecinta
9.       Mengobati penyakit empedu
10.   Langit merupakan kiblat orang-orang yang berdo’a
Semoga tulisan ini bermanfaat, maaf karena pembahasannya tidak terlalu mendetail, tapi penulis rasa manfaat-manfaat tersebut mudah dicerna dan tidak memerlukan penjelasan yang rumit.
Salam hangat. Rahman Kamal

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Ads Inside Post