Monday, 12 September 2016

Gagasan Indonesia #2 : Perbaikan pendidikan

Tags

Setelah sebelumnya kita membahas tentang nasionalisme sebagai fondasi penegak seluruh rencana dan gagasan gagasan saya. Saya rasa titik kedua yang pelu dibenahi adlah sektor pendidikan, karena melalui sektor ini generasi bangsa dididik dan dibentuk karakteristiknya.
            Perbaikan Pendidikan
            Hal pertama yang patut dibenahi dalam hal pendidikan adalah transparansi sistem pendidikan itu sendiri, dimana tercipta korelasi antara siswa, pemerintah, dan guru sebagai komponen pendidikan itu sendiri. Harus ada sambungan atau wasila sehingga tercipta suatu tujuan yang jelas dari pendidikan itu sendiri.
            Kedua adalah penggunaan dana pendidikan dengan bijaksana, seperti contohnya dana BOS digunakan secara bijak guna memenuhi seluruh sarana prasaran yang dibutuhkan guna memperlancar kegiatan belajar mengajar sehingga mampu mencipta output yang bagus.
            Menurut saya pembangunan pendidikan dari pinggiran bisa menjadi strategi yang tepat seperti semangat Nawacita yang dikampanyekan bapak presiden. Maka dengan memperkokoh sekolah sekolah yang berbasis di daerah pinggiran dapatlah memudahkan penyamarataan tingkat pendoidikan sehingga dapat menekan jumlah buta huruf di Indonesia.
            Ketiga, dalam penerapannya setidaknya ada badan independen yang mengontrol pelaksanaan sistem ini. Meliputi dari penyaluran dana, pemanfatan dfana, serta anti korupsi. Sungguh tak bisa dipungkiri, korupsi sudah hampir menggerogoti seluruh tatanan masyarakat. Oleh sebab itu, pembentukan tim independen diperlukan guna menanggulangi resiko ini dan tentunya terbuka terhadap komentar dan masukan masyarakat sehingga pemerintah tidak lupa diri.
            Memang pendidikan adalah salah satu hal penting yang sangat perlu diperhatikan. Banyak kontroversi yang tercipta. Baik soal kurikulum, korupsi, ketidakmampuan siswa, atau apalah-apalah. Maka setidaknya kita harus menanggapinya secara bijak, untuk apa menteri rapat berlama-lama, berdebat panjang-panjang jika tak ada manfaatnya sama sekali. Sungguh (maaf) bodoh mereka yang melakukan hal tersebut. Berlama-lama melakukan hal yang tidak bermanfaat hanya untuk sesuatu yang tak ada apa-apanya.
            Maka marilah kita berubah bersama meningkatkan pendidikan Indonesia, mencipta semangat baru, mencipta masa depan yang lebih baik. Maka sepatutnya perbaikan pendidikan Indonesia menjadi prioritas setelah memiliki fondasi yang kokoh berupa mental nasionalisme yang tertanam kokoh dalam jiwa. Berikut mungkin beberapa ide penulis terkait perbaikan pendidikan Indonesia.
-          Adanya transparansi sehingga mencipta iklim pendidikan yang kondusif
-          Memulai dari pinggiran, karena menurut hemat penulis, banyak aspirasi yang tercipta dan muncul dari mereka yang tinggal dari pinggiran. Maka dengan mengumpulkan aspirasi-aspirasi tersebut, berpikir dengan kepala dingin untuk memecahkan masalah tyersebut maka tidak sia-sialah seluruh lelah yang tercurah guna memikirkan nasib bangasa. Karena sungguh olahraga otaklebih melelahkan daripada olahraga badan
-          Pendidikan berbasis moral mungkin perlu diterapkan guna mencipta generasi yang beradab dan mampu bersaing, karena sesungguhnya adab lah yang diperlukan guna menjalani hidup ini tak hanya sekedar kepintara otak semata.

Mungkin sekian gagasan dari saya, sebatas meluapkan pemikiran seorang anak yang duduk di bangku sekolah. Sekian. Salam hangat. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Ads Inside Post