Monday, 5 September 2016

7 Kiat bahagia ala KH Agoes Ali Masyhuri

Tags

Dalam postingan kli ini kita akan membahas beberapa kiat agar hidup kita bahagia dan tentram, siapa sih yang tidak mau hidup bahagia, semua orang pasti mendambakan hidup bahagia. Berikut beberapa kiat idup bahagia yang dirumuskan oleh KH Agoes Ali Masyhuri
1.      Bebaskan hatimu dari kebencian
Baginda Rasullulloh SAW pernah bersabda “Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, saling menghindar, dan saling memutuskan silaturahmi. Jadilah kalian hamba Allah yang saling bersaudara. Tidaklah halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.” (Muttafaq’alaih).
2.      Bebaskan pikiranmu dari kekhawatiran
Jika ingin hidup berkah dan bahagia, buanglah rasa gelisah. Kebahagiaan tidak dapat dirasakan secara sempurna jika seorang berada dalam kondisi penuh kekhawatiran, gelisah, dan takut.
Membebaskan pikiran dari kekhawatiran itu tak terpisahkan dengan iman. Sebab, dengan iman seseorang tergerak untuk selalu mendekati nilai-nilai terbaik, sebagai jalan mendekati Allah, dan usaha pendekatan itu terwujud dalam suatu proses terus-menerus tanpa henti dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah pikiran lepas dari belenggu kekhawatiran, hidup akan terasa ringan. Pikiran akan bekerja degan baik. Bias memilih secara bijak segala sesuatu. Apa yang namanya kebahagiaan akan dating menghampiri dirinya.
3.      Hiduplah sederhana
Iman kepada Allah dan bersandar kepada-Nya, akan menumbuhkan rasa puas dan kesadaran menerima apa yang dimiliki. Hidup sederhana atau gaya hidup minimalis adalah sebuah sikap cerdas mengetahui mana keinginan dan mana kebutuhan. Ciri gaya hidup ini ialah adanya perasaan puas dan cukup terhadap “apa yang dibutuhkan”, bukan “apa yang diinginkan”.
4.      Jangan berharap terlalu banyak
Orang yang berhati rakus dan ambisius terlalu berharap banyak dalam masalah materi, tidak pernah menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Mereka selalu merasa kurang, cenderung mengkufuri nikmat Allah. Karena yang ada di pikirannya jangan sampai kalah dengan orang lain dalam urusan materi.
Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata, “Orang yang mencintai dunia secara berlebihan tidak akan lepas dari tiga macam penderitaan: kekalutan pikiran yang selalu menyertainya, kepayahan yang tiada henti, dan penyesalan yang tiada berakhir”.
5.      Ulurkan tangan untuk memberi kepada orang lain
Belajarlah memberi kepada sesame, karena memberi itu kaya. Orang yang takut miskin sebenarnya sudah jatuh miskin. Barang siapa yang suka memberi tidak pernah kekurangan. Memberi dapat memperpanjang umur, meningkatkan kebugaran tubuh, dan meningkatkan usia harapan. Banyak orang kaya tidak bahagia dan sulit tidur karena tidak mau berbagi dengan sesame. Orang yang gemar membantu dan menolong sesame insya Allah panjang umurnya dan sehat badannya. Tegasnya, memberi mendatangkan kebahagiaan luar biasa. Maka orang bijak bersemboyan, jia anda ingin berhasil dan sukses, tempulah jalan dengan banyak memberi.
6.      Isilah hidupmu dengan cinta
Dalam The Art of Loving, Erich Fromm menulis bahwa manusia modern sesungguhnya adalah orang-orang yang menderita. Mereka menderita akibat kehausan untuk dicintai orang lain. Makin keras dan kuat manusia berusaha unuk dicintai, semakin terbuka luas peluang menemukan kegagalan dan kekecewaan. Maka belajarlah mencintai, bukan ingin dicintai. Isilah hidupmu dengan mencintai sesama. Barang siapa mampu mencintai orang lain dengan tulus dan benar, maka mendapat arus balik dicintai orang lain dengan tulus dan benar. Jangan mengharap dicintai orang lain dengan tulus dan benar bila kita tidak mampu tampil mencintai orang lain dengan tulus dan benar.
7.      Berbuat baiklah kepada orang lain, seperti kamu menyukai orang lain berbuat baik kepadamu
Jika kita merindukan cinta dan simpati orang lai, jangan pernah meremehkan kebaikan sekecil apa pun yang bias kita sumbangkan kepada orang lain. Setiap kebaikan yang dilakukan seseorang pastilah kebaikan itu akan kembali kepadanya. Jika seseorang suka menolong pasti akan ditolog; jika seseorang suka memaafkan pasti akan dimaafkan. Jika seseorang  suka memudahkan urusan orag lain maka pada suatu waktu dia mendapat kesulitan pasti aka nada saja yang menolongnya.

      Sekian kiat-kiat bahagia ini, semoga bermanfaat dan mencerahkan. Salam hangat
*Dikutip dari buku KH Agoes Ali Masyhuri yang berjudul "Suara dari langit"

Artikel Terkait

2 komentar

wah sangat bermanfaat banget pencerahan dari kh agoes ali masyhuri ini.. thanks ya sudah share kiat2nya


http://www.mukenaterbarubordir.com/

iya, sama sama, termotivasi dari buku nya KH Agoes Ali, jadi pengen share dan bagi ilmu sebanyak banyak nya mumpung masih mampu


EmoticonEmoticon

Ads Inside Post